Selamat datang di Putra Teknik AC, Perusahaan Jasa Service AC profesional area Yogyakarta dan sekitarnya

Tips Gunakan AC yang Hemat Listrik

Air conditioner (AC) adalah barang yang mengonsumsi listrik paling banyak di rumah bila cuaca sedang panas-panasanya. Dorongan untuk tak menggunakannya ketika matahari sedang terik sering kali gagal.

Di sisi lain, tagihan yang hampir jebol karena AC dinyalakan hampir non-stop pun membuat Anda sama sedihnya. Apalagi, di masa-masa sekarang, di mana kebanyakan orang menghabiskan waktu di dalam rumah.

Mencari jalan tengah dari permasalahan ini, ada sederet kebiasaan hemat listrik yang membuat Anda tetap tak kegerahan. Berikut ulasannya dilansir dari AsiaOne, Jumat, 14 Agustus 2020.

  1. Jangan dimatikan, lalu dinyalakan lagi

Anda mungkin mematikan AC saat mencapai suhu ruang tertentu, berpikir bahwa itu merupakan cara menghemat daya. Padahal, kebiasaan ini justru menarik listrik lebih banyak saat AC kembali dinyalakan.

Bila AC sudah terlalu dingin, Anda disarankan untuk menaikkan suhu. Lalu, menyetel daya kipas ke medium hingga rendah saat suhu ruang mulai kembali nyaman.

  1. Ubah suhu jadi lebih tinggi saat tidur dan matikan sejam sebelum bangun

Apakah Anda sering kedinginan saat bangun tidur selama menggunakan AC? Saat tidur, suhu tubuh cenderung turun. Karenanya, disarankan untuk mengatur suhu AC pada 25–28 derajat celcius.

Bila memungkinkan, atur timer untuk mematikannya sejam sebelum bangun tidur. Tak hanya menghemat listrik secara tepat, Anda pun bisa merasa lebih nyaman dengan tak terlalu kedinginan.

  1. Naikkan Suhu 1 Derajat Celcius untuk Menghemat 10 Persen Listrik

Suhu dalam ruang berkisar antara 25–28 derajat celcius dikatakan jadi yang nyaman untuk kebanyakan orang. Coba jaga pengaturan suhu AC pada jarak tersebut.

Bila suhu diatur terlalu rendah, kompresor AC membutuhkan tenaga lebih banyak untuk bekerja. Dalam beberapa studi, ditemukan bahwa menurunkan suhu satu derajat celcius sama dengan menghemat tujuh hingga 10 persen listrik.

  1. Cabut Saat Tak Digunakan

Apakah Anda terbiasa mematikan barang elektronik hanya menggunakan remote? Apakah colokannya tetap tercatel? Ubah kebiasaan ini dengan langsung mencabut barang elektonik saat tak dipakai sampai ke colokannya.

  1. Servis AC secara rutin

Mendapat performa AC lebih baik, aktifkan air supply mode dan biarkan AC menyala hingga empat jam untuk memungkinkan bagian dalamnya kering sempurna. Ini bermaksud memastikan gerakan halus saat AC dinyalakan di kesempatan berikutnya.

Juga, memaksimalkan kinerja AC. Jangan lupa mencabut colokannya supaya tak masuk ke standby mode.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *